Sandi Kotak

 Sandi Kotak  

Seni dan ilmu membuat sandi atau komunikasi rahasia dalam bahasa yunani disebut dengan cryptography yang berarti rahasia. Sandi kotak merupakan sandi yang paling mudah untuk dipelajari dalam kegiatan kepramukaan dibanding sandi-sandi yang lain. sifatnya yang rahasia dan terkonsep. Sandi tidak dibuat tanpa alasan melainkan memang ada tujuan tertentu yang pastinya bermanfaat.

Sandi Kotak 1

Sandi Kotak
Sandi Kotak

  Dinamakan sandi kotak karena huruf-huruf yang menjadi kode terdapat dalam sebuah kotak yang berbentuk menyilang dan verttikal horizontal yang terdiri dari sembilan kotak. Huruf a sampai r berada di dalam kotak vertikal horizontal dengan susunan menyamping mulai dari kotak 1 ab, 2 cd, 3 ef, 4 gh, 5 ij, 6 kl, 7 mn, 8 op, 9 qr. Adapun st, uv, wx, dan yz berada pada kota dengan bentuk menyilang.

    Berikut adalah cara membaca sandi agar bisa memahami pesan rahasia dalam setiap kodenya:
Cara Menggunakan Sandi Kotak 1 dalam Kegiatan Pramuka (2)

Cara Menggunakan Sandi Kotak 1 dalam Kegiatan Pramuka (3)


Adapun contoh penggunaan sandi kotak 1 tersebut ialah seperti berikut:

Cara Menggunakan Sandi Kotak 1 dalam Kegiatan Pramuka (4)

Gambar tersebut merupakan bentuk sandi kotak 1 yang mengandung pesan rahasia. Untuk dapat memecahkan sandi tersebut, maka kita bisa mencocokan sandi tersebut dengan pola-pola alfabet di atas. Setelah mencocokannya dengan pola alfabet tiap sandi, maka kita bisa mendapatkan huruf berupa P-R-A-M-U-K-A atau pramuka.



Latihan

1. Saya anak pramuka
____________________________

2. Praja muda karana
____________________________

Komentar

  1. Richard Andryan
    Kelas:5B
    Jawaban:
    1.saya anak pramuka
    2.praja muda karana

    BalasHapus
  2. Felicia Vanessa
    Kls:5A
    Jawaban:
    1.saya anak Pramuka
    2.praja muda karana

    BalasHapus
  3. Devdan dhika atdhana
    1.saya anak Pramuka
    2.praja Muda Karana

    BalasHapus
  4. Nama : Melati
    Kls : 5B
    Jawaban :
    1. Saya Anak Pramuka
    2. Praja Muda Karana

    BalasHapus
  5. Nama : Viviena
    Kls : 3B
    Jawaban :
    1. Saya Anak Pramuka
    2. Praja Muda Karana

    BalasHapus
  6. Nama : Aleandro davinzo.f
    Kls : 3 B
    Jawaban :
    1. Saya Anak Pramuka
    2. Praja Muda Karana

    BalasHapus
  7. Nama:Jovan Nicholas yanvi
    Kelas:3c
    Saya anak Pramuka
    Praja Muda Karana

    BalasHapus
  8. Nama : Grasela Anggelyna
    Kelas : 3B
    1.saya anak pramuka
    2.praja muda karana

    BalasHapus
  9. Nama:Cristalyn yuriko
    Kelas:3C
    1. Saya anak pramuka
    2. Praja muda karana

    BalasHapus
  10. Nama : Chelsy Meicha Lim
    Kelas : 5B
    1. Saya anak Pramuka
    2. Praja muda Karana

    BalasHapus
  11. Callysta angelica wijaya
    Kelas 3b
    1.saya anak pramuka
    2.praja muda karana

    BalasHapus
  12. Cynthia puspita sari ong kelas 3b 1.saya anak pramuka 2.praja muda karana

    BalasHapus
  13. Saya Vanessa Harianto kelas VA
    1.saya anak pramuka 2. Prajauda karana

    BalasHapus
  14. Cynthia puspita sari ong
    Kelas 3b
    1.saya anak pramuka
    2.saya muda karana

    BalasHapus
  15. Cynthia puspita sari ong
    1. Saya anak pramuka
    2. Praja muda karana

    BalasHapus
  16. Myshella V.C Kelas 3B
    1. Saya Anak Pramuka
    2. Praja Muda Karana

    BalasHapus
  17. Felicia evelyn kelas 3c
    1. Saya anak pramuka
    2. Praja muda karana

    BalasHapus
  18. Cordelia Agustine tjoa
    1.saya anak Pramuka
    2.praja muda karana

    BalasHapus
  19. Nama:Tiffany Calista
    Kelas :5b
    1.saya anak pramuka
    2.praja muda karana

    BalasHapus
  20. Nama:ivan novic
    Kelas:5c
    1.saya anak pramuka
    2.praja muda karana

    BalasHapus
  21. Nama:angelline Fenita
    Kelas:5C
    1.saya anak Pramuka
    2.praja muda karana

    BalasHapus
  22. Nama : Steven alianto
    Kelas: 5c
    1.saya anak Pramuka
    2.praja muda Karana

    BalasHapus
  23. Nama=Dustin levino randika
    Kelas=5b
    1.saya anak Pramuka
    2.praja muda karana

    BalasHapus
  24. Nama: Adrian fernando
    Kelas: 3a
    1.saya anak pramuka
    2. Praja muda karana

    BalasHapus
  25. Nama:fesya fransiska wijaya
    Kelas:5b
    1.saya anak pramuka
    2.praja muda karana

    BalasHapus
  26. Nama :virgie Bieber
    Kelas:5C.
    Saya anak Pramuka
    Praja muda karana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:virgie bieber
      Kelas:5C
      1.Saya anak pramuka.
      2.Praja muda karana.

      Hapus
  27. Nama : Reynard Kenzie Lorenzo
    Kelas : 3B
    1.Saya anak Pramuka
    2.Praja Muda Karana

    BalasHapus
  28. Nama = Liven Velita
    Kelas = 5C
    1. Saya anak pramuka
    2. Praja muda karna

    BalasHapus
  29. Nama: Charles Gilbert Tan
    Kelas : 3 A
    1. Saya Pramuka
    2. Praja muda Karana

    BalasHapus
  30. Nama : Nataly Belicia Liem
    Kelas. : 3B
    1. Saya anak Pramuka
    2. Praja muda Karana

    BalasHapus
  31. Nama : Renata Andre Alexandria
    Kelas : 3A
    1. Saya anak Pramuka
    2. Praja muda Karana

    BalasHapus
  32. Nama:Raja Ramadhan
    Kelas:3A
    1.Saya anak Pramuka
    2.Praja muda karana

    BalasHapus
  33. Nama : princess falencia wijaya
    1. Saya anak Pramuka
    2. Praja Muda Karana

    BalasHapus

Posting Komentar